Apa itu keyword? Ya secara sederhana sesuai dengan artinya (bahas Inggris) merujuk pada kata kunci, yang digunakan di sebuah artikel ataupun konten, dan tersebar di seluruh bagiannya.
Mengapa keyword jadi penting? Dalam proses Crawling pada mesin pencari, keyword layaknya sebuah penanda yang membantu mesin pencari mendefinisikan tentang dan maksud dari konten tersebut, sehingga menjadi indikator apakah suatu artikel maupun konten relevan atas sebuah kata kunci, ataukah tidak.

Keyword Berdasarkan Dampak Dan Tingkat Kompetisinya
1. Short Tail
Apa itu keyword Short-Tail? Merujuk pada keyword yang memiliki dampak (traffic) singkat, karena hanya terdiri dari dua kata, sehingga terlalu kompetitif (persaingan dengan website lain tinggi), contohnya: Sepatu Running
2. Long-Tail
Long-Tail keyword ialah keyword yang memiliki dampak traffic) panjang, karena umumnya terdiri dari lebih banyak (3-5) kata, sehingga persaingan dengan website lain cenderung minim, umumnya keyword jenis ini menggapai niche market, sebagai contoh: Sepatu Running Untuk Flat Foot
3. Mid-Tail
Bila dua jenis keyword menggambarkan dua kutub yang saling bersebrangan (paling tinggi dan paling rendah), maka Mid-tail keyword cenderung menggambarkan keyword yang menyasar ditengah dua kutub tersebut, umumnya terdiri dari 2-3 kata, dan berdampak dalam durasi yang tidak sebentar, contoh: Sepatu Running Murah
4. Longterm-Evergreen
Sedangkan, untuk jenis Longterm-Evergreen merujuk pada keyword yang selalu relevan hampir di banyak kondisi, bahkan setelah sekian lama dipublikasikan, meski jarang diperbarui, contoh: Cara Memilih Sepatu Running
Keyword Berdasarkan Niatan Pencariannya
5. Informational
Untuk menggambarkan apa itu keyword Informational keyword, maka kami akan bertanya terlebih dahulu kepada kamu, apa smartphone yang cocok untuk bisnis online? Cobalah untuk mencarinya di Google, maka kamu akan memahami apa itu Informational keyword.
Keyword jenis ini memfasilitasi audiens atas pencarian informasi umum, terkait satu hal tertentu. Umumnya ini digunakan, sebelum audiens memilih atau melakukan pembelian suatu produk.
Apa itu keyword Navigational? Sederhananya, audiens telah menentukan “kategori” tertentu, tetapi belum mengetahui lebih detail mengenai apa yang dicarinya itu, sebagai contoh: Sepatu Running Nike
7. Commercial
Commercial keyword merujuk pada sebuah keyword yang didalamnya terkandung penawaran tertentu dari suatu produk, contoh: buy one get one
8. Transactional
Apa itu keyword Transactional keyword? Merujuk pada keyword yang digunakan oleh audiens ketika mereka telah mengetahui informasi terkait suatu produk, dan telah memutuskan ingin membeli yang mana, namun tidak mengetahui cara atau bagaimana mengakses produk tersebut, sebagai contoh: Beli Running Shoes Online

Keyword Pada Industri Yang Spesifik
9. Market Segment
Market Segment keyword ialah keyword yang merujuk pada suatu informasi maupun industri yang memiliki cakupan general dan meluas, sebagai contoh: Wisata Kuliner
10. Customer-Defining
Beda hal dengan market segment keyword yang cukup meluas, Costumer-Defining keyword telah lebih spesifik menentukan target marketnya, contohnya: Wisata Kuliner Kpopers
11. Product-Defining
Sedangkan untuk menggambarkan Product-Defining keywords kamu bisa coba menuliskan kata ini: Wisata Kuliner Pedas. Maka kamu akan menemui beragam sajian dengan embel-embel: cabai, hot atau bahkan “pedas mampus“.
Keyword ini umumnya telah menggambarkan sifat maupun deskripsi dari suatu informasi tersebut, yang umumnya berupa kata sifat: manis, segar, fresh, dan lainnya.
12. Geo-Targeted
Apa itu keyword Geo-targeted? Untuk yang satu ini, kamu pasti sering menuliskannya, merujuk pada keyword yang diikuti suatu lokasi tertentu, sebagai contoh: Wisata Kuliner Di Jakarta
13. Competitor
Competitor keyword umumnya merujuk istilah SEO yang menggambarkan fokus pencarian dari keyword yang digunakan oleh kompetitor.
Umumnya, pengelola sebuah website yang telah memiliki segmen dan topik bahasan tertentu akan melakukan riset terkait suatu keyword apakah telah digunakan kompetitor? Bagaimana respon audiens terhadap keyword yang digunakan kompetitor tersebut?
Related Vertical Keywords ialah sebuah keyword spesifik yang menunjuk secara langsung scoop atau cakupan bahasan website, maupun bisnismu.
Bila kamu memiliki bisnis Frozen Food Organik, maka kamu mungkin menggunakan contoh keyword: Produk Frozen Food Organik Halal
Uncathegorized Keyword
15. Intent Targeting
Intent Targeting keyword ialah keyword yang mempertemukan secara langsung niat pencarian dari audiens dengan kata spesifik tertentu, umumnya terkait dengan pemasaran suatu produk, contohnya: Beli Kopi Terdekat
16. LSI Keywords
Apa itu LSI Keyword? Sebenarnya ini merujuk pada Latent Semantic Indexing, yaitu keyword yang secara khusus ditujukan untuk membantu mesin pencari memahami keseluruhan atau maksud dari konten, sebagai contoh: Cara Menyeduh Kopi Robusta
17. Phrase Match
apa itu keyword Phrase Match? Merujuk keyword yang sangat spesifik untuk merujuk suatu hal dalam sebuah konten atau laman yang akan direspon oleh mesin pencari dengan Ads yang relevan, sebagai contoh: Kedai Kopi Manual Brew Di Jakarta
18. Exact Match
Merujuk pada pemanfaatan Ads terkait suatu keyword singkat (short-tail), yang menyasar pada segmen audiens yang mencari informasi umum, terkait suatu topik spesifik.
19. Negative Keywords
Apa itu keyword Negative? Ini merupakan keyword tertentu yang ditetapkan oleh mesin pencari bukan sebagai keyword, secara sederhana untuk menghalau frasa ini muncul terlalu “liar”.
Umumnya, ini merujuk kata sifat, yang seringkali ditempelkan pada sebuah judul atau URL, sebagai contoh: Kedai Kopi Free WiFi
Frasa “Free” disana tidak akan didefinisikan mesin pencari sebagai “gratis kopi”, sehingga tidak dimunculkan pada beragam campaign dari produk lain, misalnya campaign buy 1 coffee free 1 donuts.

Penutup
Demikianlah rangkuman apa itu keyword dan beragam jenisnya yang bisa memperkaya wawasan kamu dan dapat kamu implementasikan dalam website yang kamu kelola saat ini. Tentunya, yang perlu diperhatikan adalah proses riset dari keyword itu sendiri, bukan semata-mata tentang keywordnya.