Mengapa hampir di setiap acara pernikahan, selalu ditandai dengan sebuah Janur dari pelepah pohon kelapa? Tentu saja karena untuk memudahan kamu menemukan lokasi dari acara pernikahan tersebut. Itulah sedikit analogi sederhana untuk memberi sedikit gambaran apa itu SEO!
Apa Itu SEO?
Secara singkat, Danny Sullivan dijuluki sebagai salah satu dari The Godfather of SEO, karena mempromosikan frasa Search Engine Optimazitaion dari 1997 – 2001. Dalam proses tersebut, gagasan tentang “optimalisasi” yang diutarakannya yaitu (sumber):
Creates targeted pages for the terms and submits them to the major search engines. Visitors finding the pages via a search engine click through and are automatically redirected
Dari apa yang disebutkannya di atas, maka SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, merujuk pada serangkaian upaya yang diciptakan dan diimplementasikan untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas kunjungan dari suatu website melalui suatu hasil pencarian dari suatu mesin pencari (browser).
Seperti analogi yang telah kami berikan di awal, maka janur dalam sebuah acara pernikahan merupakan upaya yang dilakukan secara sengaja demi membantu para tamu undangan agar menyadari bahwa lokasi dimana janur tersebut terpasang ialah lokasi yang tepat dari berlangsungnya acara pernikahan itu sendiri.
Maka layaknya fungsi janur, SEO pada sebuah website akan membantu pencari informasi menyadari keberadaan sebuah website, karena muncul di sebuah mesin pencari (browser), baik itu Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya.
Sehingga, kemungkinan pencari informasi itu berkunjung ke website tersebut jadi meningkat, baik kuantitas maupun kualitasnya.
Mengapa SEO Jadi Penting Untuk Kamu?
- Membantu audiens untuk menemukan website kamu secara lebih mudah, karena dengan maksimalkan SEO sangat amat mungkin website-mu berada di tampilan teratas dari hasil pencarian
- Dengan tampilnya website-mu di hasil pencarian pertama, maka relatif lebih banyak audiens yang mungkin terjaring dan engage denganmu. Karena sudah jelas banyak sekali audiens yang tidak melanjutkan pencarian di halaman selanjutnya
- SEO juga membantumu untuk membangun Brand Awareness, karena lebih banyak orang masih mengandalkan Google untuk mencari informasi terkait suatu brand
- Pemanfaatan apa itu SEO yang tepat akan menunjukkan POV (Point of View) atau stance dari suatu brand maupun website terkait suatu isu terkini, disanalah audiens dapat eksplorasi beragam produk maupun artikel alternatif, sehingga menciptakan pengalaman berkunjung yang luas
- Pemanfaatan SEO yang tepat juga menjadi investasi jangka panjang, karena bukan tidak mungkin bahwa hasil pencarian di halaman pertama yang menunjukkan website atau brand kamu sebagai suatu hal yang relevan dan timeless
- Bila dibandingkan dengan budget yang dikeluarkan dengan bentuk marketing lainnya, baik itu yang konvesional melalui proses cetak, maupun publikasi pada platform kreatif skala besar di televisi maupun radio, pemanfaatan SEO atau memperkerjakan SEO Specialist relatif lebih terjangkau biayanya

- Dengan memahami apa itu SEO secara tepat kamu dapat mengukur luaran (output) secara jelas dan langsung melalui Google Analytic dan tools online lainnya yang kini banyak tersebar secara gratis, atau bahkan luaran (output) konkrit berupa peningkatan penjualan, peningkatan jumlah follower dan lainnya
- Terakhir, tentunya dengan pemanfaatan SEO diharapkan penjualan maupun konversi di website atau brand kamu meningkat
Jenis-Jenis SEO
1. Apa Itu SEO On-Page?
Secara sederhana SEO On-page merujuk pada upaya optimalisasi beragam hal pada tampilan muka atau bagian depan dari website itu sendiri, dimana, terdapat beberapa hal yang dapat dioptimalkan ialah:

- Permalink
- Description
- Judul Konten
- Struktur konten
- Media (Foto atau Video)
- Sebaran Keyword
- Kualitas Konten
- Internal Link
- Beragam Aspek SEO (meta description, power word dan lainnya)
Beberapa dari aspek di atas, sangat terkait dengan User Experience ketika audiens telah menjangkau artikel atau website kamu. Tentunya dengan konten yang berkualitas dengan aspek SEO yang lengkap akan makin dianggap relevan oleh mesin pencarian.
2. Apa Itu SEO Off-Page?
Secara sederhana SEO On-page merujuk pada upaya optimalisasi beragam hal eksternal dari website itu sendiri, dimana, terdapat beberapa hal yang dapat dioptimalkan ialah:
- Link building (ialah upaya untuk mendapat tautan dari situs lain, terkait URL dari website-mu)
- Meningkatkan Domain Authority (skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google)
- Meningkatkan Page Authority (skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google)
- Pemanfaatan beragam platform pendukung lain di luar website utama (media sosial dan lainnya)
3. Technical SEO
Secara sederhana SEO Technical merujuk pada upaya optimalisasi beragam hal pada beragam aspek di dalam website itu sendiri, dimana terdapat beberapa hal yang dapat dioptimalkan ialah:
- Kecepatan website
- Struktur website
- XML Sitemap
- Keamanan situs (SSL)
- Tema responsive
- Layout website
- Navigasi
Maka sesuai dengan pertanyaan di atas tentang apa itu SEO Technical? maka hal ini sangat terkait dengan User Interface ketika audiens telah menjangkau artikel atau website kamu. Tentunya dengan website yang mudah dieksplorasi maka makin disarankan oleh mesin pencarian.
Bagaimana SEO Berfungsi Pada Suatu Mesin Pencarian?
Setelah kamu memahami apa itu SEO, selanjutnya kamu perlu mengetahui, bahwa sacara umum ada empat jenis pemrosesan yang ada dalam mesin pencarian, yakni:

- Crawling, ialah proses pencarian laman baru, maupun laman yang diperbarui, kemudian menganalisa dan memetakannya.
- Indexing, ialah proses penyimpanan suatu laman website ke dalam sebuah indeks
- Ranking, ialah proses penyusunan sebuah hasil pencarian dengan mengurutkan hasil pencarian yang dianggap paling relevan
Maka bila diterjemahkan dalam sebuah ilustrasi ke empat proses tersebut akan berjalan dalam mekanisme sebagai berikut:
- Audiens menuliskan keyword tertentu dalam kotak pencarian di sebuah mesin pencari (lets say menggunakan Google)
- Google akan melakukan analisis terhadap keyword. Seluruh informasi terkait beragam artikel terkait keyword tersebut akan ditinjau relevansinya oleh Google
- Google mempertimbangkan relevansi dari artikel tersebut serta karakteristik audiens melalui beragam proses penelurusan
- Google akan menampilkan Search Engine Result Page (SERP) berupa daftar hasil pencarian, dengan menempatkan artikel paling relevan dan sesuai di bagian awal pencarian, dan seterusnya
Penutup
Demikianlah pembahasan awal apa itu SEO sebagai permulaan untuk mengenal lebih jauh tentang Search Engine Optimization yang kini jadi bagian penting bagi kehidupan manusia modern.
Pemahaman tentang apa itu SEO dan pengaplikasiannya tidak terbatas pada pemilik dari website, melainkan juga bagi para pencari informasi atau audiens.
Contohnya ketika kamu sedang mencari artikel ilmiah di Google Schoolar, tentu kamu tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membaca jutaan jurnal ilmiah di internet bukan?
Dengan memahami apa itu SEO, kamu juga bisa mengakses informasi secara lebih cepat dengan bantuan beragam mesin pencarian yang ada, tidak terbatas pada produk atau brand tertentu saja, tapi juga untuk literatur ilmiah.